Kamis, 15 Juni 2017

NETHERLAND

Ya...Eropa....

Mungkin sebagian banyak orang sering mondar mandir ke benua Eropa...tetapi untukku inilah pertama kalinya aku menginjakkan kaki di benua ini .

Bekerja di perusahaan yang sama selama lebih dari 15 tahun , inilah satu cita cita ketika tahun pertama bekerja di perusahaan ini ...dalam hati berkata " Jika suatu hari nanti bisa bekerja sampai 15 tahun di tempat yang sama ...aku akan menghadiahkan diriku perjalanan ke Eropa ..

Dan mimpi itu pun tergapai  ...

AMSTERDAM - 10 May  2017  - 7AM 

Karena beli tiketnya  pakai ngasal yang penting promo .....jadilah Amsterdam sebagai negara tujuan Awal mendarat di benua keju ini .
Hari mendung menyambut kedatangan kami ....imigrasi yang sangat panjang dengan hanya 3 petugas yang bekerja membuat kami harus  antri selama lebih kurang 2 jam untuk dapat lolos dari imigrasi ...

Lho...koper kita kemana ya? ..... kok ga ada..... oalahhh ternyata karena sudah kelamaan kopernya muter muter di bagasi belt dan ga ada yang ambil..akhirnya kita temuin di area tumpukan koper dekat customer service Singapore airlines  ....ok..ga masalah yang penting ketemu :)
Sebelum melanjutkan perjalanan ke Koukenhof...cari loker buat simpan koper...eitsssketemu nih lokasi lokernya ...bayarnya Euro 11 kudu pakai CC ...ehh ternyata muat 5 koper looo....lumayan bisa berbagi jadi murah per orangnya .

Tujuan pertama kami di Amsterdam adalah  taman bunga legendaris " Koukenhof "
dengan membeli tiket  pulang pergi termasuk tiket masuk ke Koukenhof seharga Euro 24 ...
Tidak sulit untuk mencari lokasi bus koukenhof yang berada di jalur bus paling ujung didepan bandara Schipol  ....Bus yang didominasi gambar bunga tulips tidak lah sulit dicari . .
Teduhnya taman Koukenhof 


ooo Ternyata lokasi Koukenhof sangat dekat dengan Bandara Schipol  ..
Sampai deh ...ooo...Tulipnya gede banget.....celutukan pertama yang kelaur dari mulutku begitu melihat tulips seukuran bola lampu  jaman dulu .
Udara dingin menusuk beserta hembusan angin yang lumayan kuat....( dari Jakarat 35Deg ...lalu bertemu udara 12Deg ...aduhhh.....)

Taman yang begitu luas ...sangat menggoda mata..sehingga untuk sejenak dinginnya udara terlupakan .
Tulip di taman ini benar benar sangat beragam...banyak sekali jenis dan warna dari penelitian perkawinan silang berbagai jenis bunga dan tulip .
Belanda merupakan negara Tulip yang paling terkenal , untu mempertahankan nama tersebut , maka Belanda harus selalu menciptakan inovasi baru Tulip .

Apa yang dapat kita lakukan di area ini ?
1. Bisa sewa sepeda untuk mengelilingi area ladang tuli(note jika masih belum dipanen )
2. Bisa naik canoe kecil menyusuri kanal kecil di area ladang tulip
3. Duduk menikmati kebun tulip"sana sini tulip "
4. Minumlah secangkir coklat panas sambil menikmati tulip :) dan sepotong Wafelstroop yang fresh from oven :)

tidak berasa ..udah ngiderin taman cantik ini selama  6 jam ...waktunya kembali ke Schipol untuk mengambil koper dan melanjutkan perjalanan kembali ke Amsterdam dengan Metro....
Amsterdam central di malam hari sehabis Hujan  


GIETHOORN  
11 MAY 2017
Suasana yang tenang dan teduh  di Giethoorn 
Desa kecil ini sangat tenang tanpa polusi , dengan jarak tempuh sekitar 2 jam dari Amsterdam melalui Lelystad ...

Ada banyak jembatan kecil di Giethoorn ( Giet :Kamping , Hoorn : Tanduk ) sekitar lebih dari 150 jembatan kayu kecil yang menghubungkan  rumah rumah penduduk di area ini

Hanya ada sampan sampan kecil  sebagai transportasi untuk mengelilingi desa indah ini ..atau berjalan kaki di area rumah rumah penduduknya  .

Banyak sekali ditemui bebek cantik berenang dengan santai tanpa takut di ganggu oleh tangan tangan usil :)

Jika berkunjung ke lokasi ini dan pada saat menyusuri kanal nya ...cobalah untuk diam dan hening...nikmati kesunyian yang hanya ditemani suara air dan bebek bebek yang bermain...sensasinya berbeda ;)








Jangan lupa mencoba pancake kayu manis yang enak di cafe sekitar Giethoorn..dengan ditemani secangkir coklat panas :) pasti betah deh disana ....

Note : perjalanan ini menggunakan day trip "Serbalanda" yang di guide langsung oleh Pak Eka Tanjung  ....bapaknya baik sekali...dan banyak cerita menarik tentang Belanda dari sudut pandang Pak Eka  .

VOLENDAM 

Merupakan desa nelayan yang sangat populer di Belanda .
Tidak banyak yang bisa diceritakan diarea ini,,, karena kunjungan kami yang sangat singkat dan hari sudah menjelang sore ( 6PM )
Jangan lupa mencoba ikan herring yang terkenal

Di Volendam , banyak di temui studio photo dengan baju khas Belanda ..iseng coba ahh dalam benakku ...Euro 15 ..tidak murah ....klu bagus lumayan ..klu hasilnya jelek gimana ? deg deg an..coba deh ...taraaaaaaaaaa.....ha???? kok jadi begini hasilnya..gendut amat ????? aduhh nyesak .... ya sudahlah ya.. emank muka udah begitu..mau gimana lagi ...

gendut ya :) 

Desa Nelayan Volendam yang cantik 
 Old Windmill "De Kathammer" sangat populer di area Volendam....lokasinya tidak jauh ...uniknya hanya ada 1 Windmill yang dibangun sejak thn 1896 .....wow.....
Old Windmill yang terkenal " Kathammer" 1896

AMSTERDAM CENTRAL 
13 MAY 2017  Karena lokasi penginapan letaknya di sekitar Old Amsterdam Central ....setiap hari hanya area sekitar penginapan yang kami jelajahi antara lain :

Damrak square
Red Light District
China Town
9 bridges

Ada beberapa hal menarik yang saya temukan ..antara lain melewati Happy Bookieman house , rumah salah seorang penduduk diAmsterdam yang isi rumahnya semua buku..dan kita boleh memilih salah satu buku sebagai souvenir untuk dibawa pulang , dan jangan lupa foto bersama anjing kesayangannya Guus Geluk yang baik hati :) ...sungguh menyenangkan !


Berjalan tidak jauh dari area ini..saya menemukan setangkai Tulips tanpa tuan ...diletakkan begitu saja di sebuah anak tangga dekat rumah penduduk disana... ups... bagus banget tulip ini...terbungkus plastik dan ada teetsan air hujan yang tersisa  .....pengen diambil...tetapi hati kecilku berkata...biarkanlah dia ada disana..akan lebih indah jika banyak orang yang melihatnya :) sama seperti perasaaanku melihat setangkai tulip ini  ..



Apa pendapatku mengenai Redlight District Area ? 

Redligth district merupakan kawasan prostitusi yang dilegalkan  ..
Bagi para pria mungkin lokasi ini sungguh menghibur diri :) , terdapat banyak sex shop yang menjual pernak pernik yang juga bisa dijadikan souvenir oleh sebagian pengunjung .
Datang kelokasi ini ...sangat diharapkan tidak memfoto para wanita yang sedang bertugas /bekerja di area tersebut  .

Cara orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sangatlah beragam ,  di redlight district banyak wanita dipajangkan di etalase..tetapi mereka bekerja secara legal dan di lindungi ..ada baiknya kita hormati pekerjaan mereka dengan tidak memandang mereka dengan mata yang penuh tanda tanya .. biarlah itu menjadi bagian dari hidup yang harus mereka jalani .

Diarea ini banyak juga cafe kecil tempat menonton bola yang cukup asyik..dengan sebotol bir ditangan...berdiri sambil umplek umplekan..ya....ketika goal..euforianya menggema kemana mana ...terlupakan sejenak bahwa kita ada di area Redlight District :)

How to get there : yang saya tahu..ketika kita ada di area Damrak..cari Primark dept store /Starbuck..nah seberang jalan raya...akan ada jalan kecil..telusuri jalan tersebut akan membawa kita ke Old Church ..nah.,..dibelakang gereja itu jalan terus ..akan ketemu area ini dan berdampingan dengan china town .

Note : Tidak ada photo ....

Shopping  
Pada dasarnya shopping merupakan kesenangan yang tidak dapat disembunyikan ...salah satunya adalah berburu souvenir khas dari Belanda ....termasuk toko bebek ini ..di toko ini banyak jenis bebek yang di pajang..dan cara belinya hanya boleh pakai kartu kredit alias cashless ....

Lucunya bebek bebek ini ...selalu tergoda untuk membelinya
Oude leliestraat ,Amsterdam 

PAYUNG HILANG  

Terus terang ...diriku ini emank selebor luar biasa..setiap pergi ke negara manapun..ada saja yang ilang :( Nasib lah ....

Payung ini merupakan kesayangku.....dan termasuk baru banget...baru dipakai selama di Belanda :( ....ehhh ga tahu jatuh dimana...Panik sesaat pasti iya...lalu berusaha mencari sepanjang jalan yang kulalui ..tapi tidak ditemukan .. ( hilang di area Singel street  - Herengracth street - 9 bridges)
Dalam hati aku sudah merelakannya sambil berdoa...bagi siapapun yang menemukan payungku ,pakailah dan jaga dengan baik karena itu payung kesayanganku ...


Payung kesayangan di Singel Street 

Photo photo  yang ku Photo 

Kenapa ya kok susah dapatin feel photo...perasaaannya yang di photo ga terlalu bagus...mungkin lagi ga mood photo tapi lebih ke enjoy ama suasana yang ada didepan mata...merasakannya melalui mata dan hati ...
jadilah photo ini asal jepret saja ..yang penting ada tentang kota tua Belanda :)


dari salah satu sudut jalan Nieuwezijds Voorburgwal 

dari balik jendela kamar  
Herengracht Street


Singel Street dengan langit abu abu  tapi tidak kelabu :) 

Hop on Hop Off ( bukan bus :) ) 

Kenapa judulnya hop on hop off? ini karena setiap lokasi yang kami lewati ...dan kelihatan menarik.....Pak Eka...stop bentar dunk..foto bentar aja...bagus amat sih lokasi ini ...ok ..jangan kelamaan ya :) ..sippp 

Bgaus ya ..perpaduan warna bunga Tulip dan Langit biru serta lukisan awan putihnya
Westfrisiaweg , Zwaagdijk 

Muntweg , Emmeloord
Ladang tulip ..Kuning, langit biru...goresan awan puith....diam..menikmati dalam kesunyian  
Netehrland .... bukan hanya cukup dikunjungi sekali saja...tetapi mungkin berkali kali..karena masih banyak lokasi yang indah yang harus dikunjungi ..
Suatu hari nanti..di lain waktu...aku akan kembali lagi ... Sampai ketemu Netherland :) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar